Buku adalah jendela dunia dan membaca buku adalah cara untuk membuka jendela itu sehingga kita dapat menemukan lebih banyak tentang dunia yang tidak kita kenal sebelumnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja baik anak-anak, remaja, dewasa maupun lanjut usia.

Buku merupakan sumber informasi yang beragam yang dapat membuka wawasan kita dalam berbagai bidang, seperti sains, ekonomi, masyarakat, budaya, politik, dan aspek kehidupan lainnya. Selain itu, membaca dapat membantu mengubah masa depan dan dapat meningkatkan kecerdasan dan pemikiran kita.

Tanpa kita ketahui, manfaat membaca buku bisa sangat menginspirasi. Namun sayangnya, kegiatan membaca buku belakangan ini dilupakan oleh berbagai kalangan karena hingar bingar, serta adanya cara-cara yang lebih mudah untuk memperoleh informasi seperti televisi, radio dan internet.

Inilah beberapa manfaat membaca buku yang bisa kita peroleh selain membersihkan otak. sampai:

1. Jaga Agar Otak Anda Tetap Muda

Sebuah studi baru-baru ini dari Rush University Medical Center menemukan bahwa “membenamkan diri” dalam buku-buku berkualitas baik sebenarnya dapat memperpanjang umur pikiran Anda.

Juga telah dicatat bahwa orang dewasa yang menggunakan waktu luang mereka untuk kegiatan kreatif atau intelektual (seperti membaca) 32% lebih mungkin mengalami penurunan kognitif di kemudian hari dibandingkan mereka yang tidak. Artinya, mereka cenderung tidak menderita kepikunan.

2. Dapat Mengurangi Stres

Setelah hari yang panjang dengan rutinitas harian yang berat, hal ini sering kali dapat menyebabkan stres. Dengan melakukan aktivitas membaca yang bisa dilakukan selama beberapa menit, Anda bisa membantu menekan perkembangan hormon stres, seperti hormon kortisol. Membaca dapat menenangkan pikiran dan membantu mengurangi tingkat stres hingga 67%.

Selain relaksasi, membaca buku dapat membawa kedamaian dan ketenangan batin yang luar biasa. Membaca dapat menurunkan tekanan darah dan telah terbukti membantu orang dengan gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan. Inilah manfaat membaca buku yang banyak diabaikan orang, banyak orang yang percaya bahwa membaca buku membuat otak tetap bekerja dan menimbulkan stres, padahal manfaat membaca buku adalah mengurangi stres.

3. Meningkatkan Kekuatan Analisia Anda

Bagi Anda yang menyukai buku fiksi dan sering membacanya, mungkin Anda pernah mengalami hal seperti ini. Saat Anda membacanya, mengikuti alur cerita di dalam buku, Anda mulai menebak akhir cerita atau apa yang terjadi selanjutnya. Jika tebakan Anda benar, daya analitis otak Anda telah meningkat.

Baca Juga : Semua Buku – Buku Yang Wajib Di Baca Sebelum Hari Tua

Selain itu, ketika Anda membaca novel fiksi, secara tidak sadar Anda merangsang otak untuk menilai apakah plot atau plot tersebut masuk akal dalam novel yang Anda baca.

4. Anda Bisa Memperluas Pemikiran Seseorang

Orang yang membaca buku memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada orang yang tidak atau yang suka membaca lebih sedikit. Sambil membaca buku, kita bisa berbagi pengalaman dengan orang lain tentang berbagai macam hal, yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk dipertimbangkan saat memutuskan sesuatu.

5. Dapat Meningkatkan Hubungan Sosial

Aktivitas para penggemar yang membaca buku ini turut mempengaruhi aspek kehidupan sosial manusia, dimana mereka dapat mempelajari berbagai macam ciri, budaya, dan kehidupan sosial suatu masyarakat.

Jadi jika Anda pernah mengunjungi tempat itu, Anda pasti sudah tahu bagaimana harus bersikap dengan tetap menghormati adat dan budayanya.

6. Meningkatkan Kecerdasan

Membaca buku sebanyak mungkin dapat memperluas pengetahuan dan menghidupkan banyak pelajaran baru. Selain itu, membiasakan membaca sejak dini dapat meningkatkan kecerdasan.

Peneliti Anne Cunningham dan Keith Stanovich mengatakan diyakini bahwa kebiasaan membaca sejak masa kanak-kanak dapat mempengaruhi membaca seseorang dari tahun ke tahun. Dengan banyaknya jam terbang membaca, kosakata dan keterampilan membaca dapat diperkaya. Keterampilan membaca yang dikembangkan sejak usia dini dapat meningkatkan kecerdasan umum, menurut penelitian lain dari University of Edinburgh dan King’s College London.

7. Meningkatkan Rasa Empati

Empati adalah kemampuan seseorang untuk mengeksplorasi pikiran dan keadaan emosi orang lain. Dengan rasa empati, seseorang merasakan apa yang dirasakan dan dialami orang lain. Selain bisa membangun hubungan yang lebih baik dan toleransi dengan orang lain, empati juga bisa menciptakan kehidupan yang damai. Jadi, bagaimana Anda menumbuhkan empati?

Ada banyak cara untuk mengembangkan empati. Ternyata buku bacaan adalah salah satunya. Riset dari New School for Social Research menunjukkan bahwa membaca buku, terutama fiksi, dapat membantu Anda memahami apa yang dipikirkan orang lain tentang emosi yang disajikan.